Perbandingan Pasar Persaingan Sempurna Dengan Pasar Monopolistic Oligopoly Dan Monopolistik
No.
|
Karakteristik
|
Pasar persaingan sempurna
|
Pasar persaingan monopolistik
|
Pasar monopoli
|
Pasar oligopoli
|
1.
|
Jenis
barang/jasa
|
Homogen
|
Heterogen
|
Tidak
ada barang pesaing
|
Mirip/
berbeda
|
2.
|
Halangan
untuk masuk pasar
|
Tidak
ada
|
Agak
sulit
|
Diatur
oleh pemerintah
|
Sulit
|
3.
|
Jumlah
produsen
|
Banyak
|
Banyak
(namun tidak sebanyak pada persaingan sempurna)
|
Hanya
satu
|
Beberapa/
Sedikit
|
4.
|
Kendali
harga
|
Tidak
ada (price taker)
|
Price
maker
|
Price
maker
|
Price
maker
|
5.
|
Harga
barang
|
Dari
keseimbangan pasar.
|
Di
lihat dari citra perusahaan
|
Adanya
diskriminasi harga
|
Kesepakatan
para pengusaha
|
6.
|
Cara
mendapatkan keuntungan maksimum
|
Ketegantungan
pengusaha
|
Inovasi
pengusaha
|
Pasti
punya untung besar dengan memonopoli pasa
|
Inovasi
pengusaha
|
7.
|
Pengaruh
iklan
|
Tidak di perlukan
|
Sangat di perlukan
|
Kurang di perlukan
|
Sangat di perlukam
|
8.
|
Kelebihan
|
1.dengan biaya yang tidak terlalu
tinggi, penjual bebas menjual dan menutup usahanya.
2. Barang yang tersedia di pasar banyak
sehinggga pembeli bebas memilih barang yang akan di beli.
3. Pembeli dan penjual mencapai
kepuasan maksimum.
|
1. Penjual tidak sebanyak pasar
persaingan sempurna.
2. Produsen terpacu untuk berkreativitas. 3. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini. |
1.keuntungan penjual cukup tinggi;
untuk produk yang menguasai hajat hidup orang banyak. 2.biasanya diatur
pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan
harga dengan semaunya.
|
1. Terdapat sedikit pemjual karena
memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga 3. Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan |
9.
|
Kekurangan
|
1. Pasar persaingan sempurna sulit
dijumpai, sebab:
a. Homogenitas barang sulit dilaksanakan sebab konsumen lebih sering datang ke pasar yang heterogen (banyak pilihan alternatif); b. Harga tidak dapat ditawar-tawar lagi. 2. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen. 3. Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh pedagang. 4. Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu. |
1. Biaya mahal untuk ke pasar
monopolistik karena untuk masuk
pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk. 2. Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi |
Pembeli tidak ada pilihan lain untuk
membeli barang; keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan; terjadi
eksploitasi pembeli.
|
1. Terdapat rintangan yang kuat untuk
masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Akan terjadi perang harga 3. Produsen bisa kerjasama ( kartel ) |
10.
|
contoh
|
Pasar tradisional
|
kertas, pulpen, buku
|
pertamina, PLN
|
perusahaan semen
|
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
|||||
|
0 komentar:
Posting Komentar