Perbandingan Pasar Persaingan Sempurna Dengan

Kamis, 04 April 2013

Perbandingan Pasar Persaingan Sempurna Dengan Pasar Monopolistic Oligopoly Dan Monopolistik 



No.
Karakteristik
Pasar persaingan sempurna
Pasar persaingan monopolistik
Pasar monopoli
Pasar oligopoli
1.
Jenis barang/jasa
Homogen
Heterogen
Tidak ada barang pesaing
Mirip/ berbeda
2.
Halangan untuk masuk pasar
Tidak ada
Agak sulit
Diatur oleh pemerintah
Sulit
3.
Jumlah produsen
Banyak
Banyak (namun tidak sebanyak pada persaingan sempurna)
Hanya satu
Beberapa/
Sedikit
4.
Kendali harga
Tidak ada (price taker)
Price maker
Price maker
Price maker
5.
Harga barang
Dari keseimbangan pasar.
Di lihat dari citra perusahaan
Adanya diskriminasi harga
Kesepakatan para pengusaha
6.
Cara mendapatkan keuntungan maksimum
Ketegantungan pengusaha
Inovasi pengusaha
Pasti punya untung besar dengan memonopoli pasa
Inovasi pengusaha
7.
Pengaruh iklan
Tidak di perlukan
Sangat di perlukan
Kurang di perlukan
Sangat di perlukam
8.
Kelebihan
1.dengan biaya yang tidak terlalu tinggi, penjual bebas menjual dan menutup usahanya.
2. Barang yang tersedia di pasar banyak sehinggga pembeli bebas memilih barang yang akan di beli.
3. Pembeli dan penjual mencapai kepuasan maksimum.

1. Penjual tidak sebanyak pasar persaingan sempurna.
2. Produsen terpacu untuk berkreativitas.
3. Pembeli tidak mudah berpindah dari produk yang dipakai selama ini.
1.keuntungan penjual cukup tinggi; untuk produk yang menguasai hajat hidup orang banyak. 2.biasanya diatur pemerintah. Ini menguntungkan konsumen karena penjual tidak dapat menentukan harga dengan semaunya.
1. Terdapat sedikit pemjual karena memerlukan investasi besar
2. Penjual sedikit sehingga dapat mengendalikan harga
3. Bila terjadi persaingan harga, konsumen diuntungkan
9.
Kekurangan
1. Pasar persaingan sempurna sulit dijumpai, sebab:
a. Homogenitas barang sulit dilaksanakan sebab konsumen lebih
sering datang ke pasar yang heterogen (banyak pilihan
alternatif);
b. Harga tidak dapat ditawar-tawar lagi.
2. Adanya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dan informasi
menyebabkan kemajuan dalam kualitas dan kuantitas serta jenis
yang memaksa adanya persaingan produk antarprodusen.
3. Keuntungan maksimum yang diperoleh pedagang sudah dapat
diprediksi sejak awal karena harga tidak dapat dipengaruhi oleh
pedagang.
4. Pasar gelap (black market) dapat muncul sewaktu-waktu.
1. Biaya mahal untuk ke pasar monopolistik karena untuk masuk
pangsa pasar tertentu dibutuhkan riset dan pengembangan produk.
2. Persaingan sangat berat karena pasar biasanya didominasi
Pembeli tidak ada pilihan lain untuk membeli barang; keuntungan hanya terpusat pada satu perusahaan; terjadi eksploitasi pembeli.
1. Terdapat rintangan yang kuat untuk masuk kepasar oligopoli kerena investasi tinggi
2. Akan terjadi perang harga
3. Produsen bisa kerjasama ( kartel )
10.
contoh
Pasar tradisional
 kertas, pulpen, buku
 pertamina, PLN
 perusahaan semen










0 komentar: